RSS Feed

Kesehatan

Bahaya tubuh yang harus dihindari:

1. Asap rokok

Beberapa radikal, yang dipancarkan asap itu sendiri, masuk kedalam tubuh kita melalui system pernafasan. Molekul oksigen yang tidak stabil ini dapat langsung merusak jaringan dalamparu paru atau dapat memicu lepasnya spesies oksigen reaktif dalam sel sel tubuh, Termasuk dalam sel darah putih.

2. Pencemaran udara

Ini dapat memicu mekanisme yang hamper sama dengan asap  rokok, Sebagai radikal bebas langsung menyusup kedalam tubuh dan yang lain baru terbentuk pada saat udara yang tercemar tersebut mulai menembus membrane sel.

3. Obat obatan tertentu

Ini termasuk obat obatan anti kanker seperti Dexorubicin (Adriamycin) obat ini selain menyerang kanker juga dapat menimbulkan efek samping pada otot jantung melalui pelepasan radikal bebas.

4. Sinar ultra violet

Sinar yang kuat ini, yang dipancarkan lampu atau sinar matahari dapat merusak sel.

5. Pestisida dan zat kimia pencemar lain

Anda terus menerus mencerna zat ini melalui zat makanan yang anda makan dan minum .

6. Olahraga yang berlebihan

Setiap yang berlebihan dapat menghasilkan zat radikal bebas tambahan, tetapi kerusakan yang lebih  parah cenderung terjadi akibat latihan atau pertandingan jenis ultra (misalnya ultra maraton) yaitu perlombaan lari dengan jarak lebuh jauh dari lari marathon biasanya.

7. Kelaianan sendi dan jaringan, termasuk otot tegang dan jaringan

Trauma dan radang akibat kecelakaan dalam olahraga atau bekerja fisik yang berat dan tak lazim biasanya menghasilkan sedikit radikal bebas berlebihan. Radikal bebas ini dipancarkan pada tempat luka atau otot yang digunakan berlebihan itu.

8. Diabetes tak terkendali

Penderita diabetes yang terpapar bertahun tahun oleh kadar gula darah yang tinggi dapat menghasilkan Molekul oksigen yang kurang stabil.

9. Penyinaran

Produksi radikal bebas yang berlebihan juga dapat timbul dalam tubuh saat anda terpapar oleh Sinar x atau Radioisotop, seperti rajah CAT atau PET.

10.Perasaan strees

Produksi radikal bebas yang berlebih bias timbul ketika anda mengalami strees berat dalam hal inilah alasannya  mengapa banyak studi yang mengaitkan perasaan strees dan serangn jantung dan kanker.

11. Asbes dan serat serat sejenis

Bahan Padat “Serbuk ” ini dapat memasuki paru paru melalui pernafasan, kemudian merusak sel darah putih dan pada akhirnya Memicu pelepasan radikal bebas yang berlebihan.

12. Luka reperfusi

Reperfusi berrti kembalinya darah ke organ atau jaringan yang beberapa waktu sebelumnya tidak mendapat pasokan darah yang cukup. Ini terjadi setelah serangan jantung yang tidak begitu fatal atau Stroke. Ketika darah berhenti sesaat mengalir ke jantung atau ke otak dalam jangka waktu yang sangat pendek, selama proses Reperfusi berlangsungmungkin diilepaskan  sejumlah besar Radikal bebas, Reperfusi yang cepat sering menyebabkan gangguan irama denyut jantung yang sangat fatal.

                Luka reperfusi dapat juga terjadi saat organ atau jaringan sementara waktu tidak mendapat pasukan darah akibat penggunaan pembalut patah tulang (Tourniquet) atau pompa pintas (bypasspump) selama beda jantung terbuka.

13. Mengalirnya darah kesaluran pencernaan setelah makan berat

Darah mungkin dialierkan dari otot, jantung dan bahkan dari otak menuju lambung dan usus setelah makan berat. Proses ini yang sesungguhnya mirip dengan proses reperfusi. Dan dapat mengakibatkan anda mengantuk setelah makan , dan pada pasien yang mengidap penyakit jantung dapat menyebabkan timbulnya nyeri dada.Bahkan  Dapat terjadi kejang otot dan rasa mual jika melakukan olahraga segera setelah makan. Pelepasan radikal bebas mungkin merupakan penyebab utama dalam hal ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: